Ahlan wa Sahlan Shalat Tarawih di Masjid

HEADLINES Koran Tribun Jateng, kemarin yang berjudul “Silakan Tarawih Berjamaah di Masjid” disambut gembira oleh muslim di warung Mbah Man. Dalam berita tersebut diberitakan Ketua Bidang Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Asrorun Niam Sholeh mengatakan bahwa pemerintah telah memberikan kelonggaran untuk menjalankan ibadah berjemaah di bulan puasa mendatang.

Meski begitu, Asrorun mengingatkan pelaksanaan protokol kesehatan tetap dijalankan secara ketat. Menurutnya, protokol kesehatan serta perilaku 3M tetap harus dijalankan di tengah pandemi Covid-19 ini. “Harus tetap menjaga protokol kesehatan. Ini penting untuk diingatkan,” tutur Asrorun.

Selain itu, kemarin, MUI juga telah memberikan tiga rekomendasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada bulan Ramadhan nanti. Rekomendasi pertama, pemerintah dapat melakukan vaksinasi Covid-19 saat bulan Ramadhan untuk mencegah penularan wabah Covid-19 dengan memperhatikan kondisi umat Islam yang sedang berpuasa.

Rekomendasi kedua, pemerintah dapat melakukan vaksinasi Covid-19 pada malam hari di bulan Ramadhan terhadap umat Islam yang siangnya berpuasa. Pertimbangannya, jika dilakukan saat siang hari, dikhawatirkan menyebabkan bahaya akibat lemahnya kondisi fisik.

Rekomendasi ketiga, umat Islam wajib berpartisipasi dalam program vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan oleh pemerintah untuk mewujudkan kekebalan kelompok dan terbebas dari wabah Covid-19.

“Alhamdulillah, semoga tahun ini umat Islam bisa beribadah dengan tenang dan meningkat untuk menambah keimanan mereka,” ujar Mbah Man seketika.

“Hati-hati loh Mbah, apalagi sampayen sudah lansia lebih baik shalat di rumah saja, makanya saya lebih baik ibadah di rumah saja” ujar Fulan sambil asyik memainkan hapenya.

“Memang kamu ibadah di rumah,” selidik Mbah Man. Fulan hanya tersenyum sejenak sambil menggelengkan kepalanya sambil terus memainkan hapenya.

Mbah Man hanya geleng-geleng kepala, karena selama ini Si Fulan ini paling kencang dan keras soal ibadah di masjid. Dia paling lantang bicara di depan forum RT atau dalam berbagai kesempatan untuk melarang dan selalu mengkritisi warganya saat melakukan ibadah di masjid.

Berbekal aturan dan video yang dia sebar di grup-grup yang diikutinya. Padahal dirinya selama ini tidak pernah menginjakkan kakinya dalam masjid. Mbahman berharap kabar baik ini bisa membuat dirinya diam dan tidak lagi menakut-nakuti orang untuk beribadah di masjid.

“Sudahlah, Mbah nggak usah dihiraukan ocehan si Fulan,” ujar Rojul yang tahu pikiran Mbah Man. Yang penting kita selalu berikhtiar dan berdoa, semoga setelah proses vaksinasi ini jumlah korban covid-19 akan terus turun dan bisa hilang dari bumi ini.

Harapan kita dengan kerjasama semua pihak baik stakeholder, pemerintah dan masing-masing individu bisa saling mengingatkan, tolong menolong dan menjaga. Serta selalu mengikuti aturan pemerintah dan berikhtiar sehingga bisa beribadah dengan khusuk dan bisa meningkatkan keimanan dan imunnya Selama Ramadhan ini dan seterusnya. Aamiin!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*